Resensi Buku Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran


Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran
Identitas buku :
Judul Buku      ; Teknologi Komnikasi dan Informasi Pembelajaran
Penulis buku    : Prof. Dr. H. Hamzah B.Uno. M.Pd.
                          Hj. Nina Lamatenggo, S.E., M.Pd.
Tahun terbit     : 2014
Penerbit           : Bumi Aksara
Tebal buku      : 238 halaman
Sinopsis Teknologi Komnikasi dan Informasi Pembelajaran
Buku ini terdiri dari beberapa bab yaitu :
Bab 1 (Globalisasi dan Lingkungan teknologi)
Berisi pendahuluan, identifikasi masalah, hakikat globalisasi, terjadinya pergeseran paradigma dalam dunia pedidikan di era globalisasi, menyusutnya ruang dan waktu, terjadinya alih teknologi di era globalisai, dan timbulnya persoalan moral dalam era globalisasi. 
Bab 2 ( Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran)
Pada bab ini menjelaskan tentang pendahuluan, definisi teknologi pembelajaran, hubungan antara ilmu dan teknologi, konsep sistematik, struktur definisi, komponen difinisi, dan teknlogi pendidikan dan perkembangan teknologi.
Bab 3 ( Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan)
Pada bab ini menjelaskan tentang teknologi pada zaman purba, perkembangan teknologi di dunia Islam, perkembangan teknologi dalam abad ke-20, dampak perkembangan teknologi pada masyarakat, kaitan antara saintis, teknologi, dan masyarakat, serta kilasan perkembangan saintis dan teknologi.
Bab 4 ( Perkembangan Teknologi Infoemasi )
Pada bab ini menjelaskan tentang pendahuluan, perencanaan system informasi, domain teknologi informasi, peran teknologi dalam bidang pendidikan, pemerintahan, dan pelayanan dan sumber informasi pada internet.
Bab 5 ( Teknologi Pendidikan sebagai Konstruk Teori )
Pada bab ini menjelaskan tentang pendahuluan, perbedaan peran teori dekriptif dan teori preskriptif, pemilahan variabel pembelajaran, teori preskriptif dan deskriptif, hubungan antarvarabel dalam teori pembelajaran preskriptif dan deskriptif, tahapan pengembangan teori pembelajaran , dan penelitian dalam lmu pembelajaran.
Bab 6 ( Landasan Geografis Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan )
Pada bab ini berisi tentang pendahuluan, landasan geografis pendidikan, teknik penyebaran informasi dan komunikasi geografis, media penyebaran informasi geografis, dan implementasi landasan geografis penggunaan teknologi komunikasi dan informasi dalam pendidikan.
Bab 7 ( Sumber Belajar dalam Bentuk Media bagi Sekolah yang Belum memiliki jaringan internet )
Pada bab membahas tentang pendahuluan, variabel pembelajaran yang perlu dioptimalkan, pengrtian media, jenis dan klasifikasi media, peran media sebagai alat komuikasi, media nonproyeksi dan media proyeksi, media yang diproyeksikan, media audio dan audiovisual, dan media berbasis computer,
Bab 8 ( Aplikasi Teknologi pembelajaran melalui media dalam pembelajaran matematika )
Paa bab ini berisi tentang pendahuluan, beberapa hasil penelitian manfaat media pembelajaran dalam bidang matematika, dan media pembelajaran sederhana dalam bidang matematika tingkat SD.
Bab 9 ( mengenal sumber belajar maya melalui internet )
Pada bab ini berisi tentang pendahuluan, cara mengakses internet, mengenal alamat IP, dan sumber daya di internet.
Bab 10 ( perkembangan industri teknologi komunikasi pembelajaran)
Pada bab ini berisi tentang pendahuluan, sumber daya yang dikembangkan untuk industri telematika, produk industri telematika yang digunakan dalam dunia pendidikan di Indonesia, manfaat IT bagi institut pendidikan, industri IT sebagai media pembelajaran multimedia, perkembangan industri telematika, perkembangan teknologi informasi, dan internet informasi bebas hambatan.
Bab 11 ( hasil-hasil penelitian berhubungan dengan teknologi komunikasi dan informasi pendidikan)
Paa bab ini dibagi menjadi dua hasil penelitian
a.       Hasil penelitian 1
Pengaruh penggunaan media modul dan VCD , serta pentutoran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa UPBJJ-UT Gorontalo
b.      Hasil penelitian 2
Pengelolaan pendidikan di SMP Terbuka (studi kasus di SMP Terbuka Kabupaten Gorontalo Utara)
Berisi pendahuluan, metodologi penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, dan penutup.

Kelebihan buku
Buku ini memberikan pemahaman bagi pembaca tentang pentingnya teknologi informasi dan informasi bagi kehidupan. Tampilan sampul yang menarik,
Kekurangan buku
Menggunakan istilah bahasa asing yang sulit di mengerti

sumber
http://uny.ac.id
http://library.uny.ac.id
http://library.uny.ac.id/sirkulasi/index.php?p=show_detail&id=52444&keywords=Buku+Teknologi+Komunikasi+dan+Informasi+Pembelajaran

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini