Resensi Buku Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran
Teknologi
Komunikasi dan Informasi Pembelajaran
Identitas
buku :
Judul
Buku ; Teknologi Komnikasi dan
Informasi Pembelajaran
Penulis
buku : Prof. Dr. H. Hamzah B.Uno. M.Pd.
Hj. Nina Lamatenggo, S.E., M.Pd.
Tahun
terbit : 2014
Penerbit
: Bumi Aksara
Tebal
buku : 238 halaman
Sinopsis
Teknologi Komnikasi dan Informasi Pembelajaran
Buku
ini terdiri dari beberapa bab yaitu :
Bab
1 (Globalisasi dan Lingkungan teknologi)
Berisi
pendahuluan, identifikasi masalah, hakikat globalisasi, terjadinya pergeseran
paradigma dalam dunia pedidikan di era globalisasi, menyusutnya ruang dan
waktu, terjadinya alih teknologi di era globalisai, dan timbulnya persoalan moral
dalam era globalisasi.
Bab
2 ( Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran)
Pada
bab ini menjelaskan tentang pendahuluan, definisi teknologi pembelajaran,
hubungan antara ilmu dan teknologi, konsep sistematik, struktur definisi,
komponen difinisi, dan teknlogi pendidikan dan perkembangan teknologi.
Bab
3 ( Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan)
Pada
bab ini menjelaskan tentang teknologi pada zaman purba, perkembangan teknologi
di dunia Islam, perkembangan teknologi dalam abad ke-20, dampak perkembangan
teknologi pada masyarakat, kaitan antara saintis, teknologi, dan masyarakat,
serta kilasan perkembangan saintis dan teknologi.
Bab
4 ( Perkembangan Teknologi Infoemasi )
Pada
bab ini menjelaskan tentang pendahuluan, perencanaan system informasi, domain
teknologi informasi, peran teknologi dalam bidang pendidikan, pemerintahan, dan
pelayanan dan sumber informasi pada internet.
Bab
5 ( Teknologi Pendidikan sebagai Konstruk Teori )
Pada
bab ini menjelaskan tentang pendahuluan, perbedaan peran teori dekriptif dan
teori preskriptif, pemilahan variabel pembelajaran, teori preskriptif dan
deskriptif, hubungan antarvarabel dalam teori pembelajaran preskriptif dan
deskriptif, tahapan pengembangan teori pembelajaran , dan penelitian dalam lmu
pembelajaran.
Bab
6 ( Landasan Geografis Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
Pendidikan )
Pada
bab ini berisi tentang pendahuluan, landasan geografis pendidikan, teknik
penyebaran informasi dan komunikasi geografis, media penyebaran informasi
geografis, dan implementasi landasan geografis penggunaan teknologi komunikasi
dan informasi dalam pendidikan.
Bab
7 ( Sumber Belajar dalam Bentuk Media bagi Sekolah yang Belum memiliki jaringan
internet )
Pada
bab membahas tentang pendahuluan, variabel pembelajaran yang perlu
dioptimalkan, pengrtian media, jenis dan klasifikasi media, peran media sebagai
alat komuikasi, media nonproyeksi dan media proyeksi, media yang diproyeksikan,
media audio dan audiovisual, dan media berbasis computer,
Bab
8 ( Aplikasi Teknologi pembelajaran melalui media dalam pembelajaran matematika
)
Paa
bab ini berisi tentang pendahuluan, beberapa hasil penelitian manfaat media
pembelajaran dalam bidang matematika, dan media pembelajaran sederhana dalam
bidang matematika tingkat SD.
Bab
9 ( mengenal sumber belajar maya melalui internet )
Pada
bab ini berisi tentang pendahuluan, cara mengakses internet, mengenal alamat
IP, dan sumber daya di internet.
Bab
10 ( perkembangan industri teknologi komunikasi pembelajaran)
Pada
bab ini berisi tentang pendahuluan, sumber daya yang dikembangkan untuk
industri telematika, produk industri telematika yang digunakan dalam dunia
pendidikan di Indonesia, manfaat IT bagi institut pendidikan, industri IT
sebagai media pembelajaran multimedia, perkembangan industri telematika,
perkembangan teknologi informasi, dan internet informasi bebas hambatan.
Bab
11 ( hasil-hasil penelitian berhubungan dengan teknologi komunikasi dan
informasi pendidikan)
Paa
bab ini dibagi menjadi dua hasil penelitian
a. Hasil
penelitian 1
Pengaruh
penggunaan media modul dan VCD , serta pentutoran dan motivasi belajar terhadap
hasil belajar mahasiswa UPBJJ-UT Gorontalo
b. Hasil
penelitian 2
Pengelolaan
pendidikan di SMP Terbuka (studi kasus di SMP Terbuka Kabupaten Gorontalo Utara)
Berisi
pendahuluan, metodologi penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, dan
penutup.
Kelebihan
buku
Buku
ini memberikan pemahaman bagi pembaca tentang pentingnya teknologi informasi
dan informasi bagi kehidupan. Tampilan sampul yang menarik,
Kekurangan
buku
Menggunakan
istilah bahasa asing yang sulit di mengerti
sumber
http://uny.ac.id
http://library.uny.ac.id
http://library.uny.ac.id/sirkulasi/index.php?p=show_detail&id=52444&keywords=Buku+Teknologi+Komunikasi+dan+Informasi+Pembelajaran
sumber
http://uny.ac.id
http://library.uny.ac.id
http://library.uny.ac.id/sirkulasi/index.php?p=show_detail&id=52444&keywords=Buku+Teknologi+Komunikasi+dan+Informasi+Pembelajaran
Nilai moral nya apa aja?
BalasHapus